Pemko Pekanbaru Wujudkan Kota Satelit Pekansikawan

Print

Dr Firdaus ST MT

Dr Firdaus ST MT

Pekanbaru, riauair.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyatakan komitmennya untuk mewujudkan serta mendorong percepatan pembangunan Kota Metropolitan di perbatasan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan). 
 
Dalam hal itu sangat diperlukan peran dari masyarakat dan juga investor guna mengarahkan pembangunan disegala bidang.
 
Pekansikawan, menurut Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, diyakini akan menjadi suatu poros baru dalam pengembangan wilayah dan ekonomi Riau di masa mendatang. Pengembangan kawasan perekonomian yang berpusat di Pekanbaru dengan dukungan tiga hinterland yaitu Kampar, Siak dan Pelalawan. Ia juga mengaku optimis pengembangan kawasan Pekansikawan akan tumbuh besar bagi perkotaan masa depan bila perencanaan dan implementasi sesuai konsep yang sudah dibuat .
 
"Kawasan ini menjadi poros ekonomi baru dimana seluruh aktifitas masyarakat di empat kabupaten dan kota terintegrasi dalam satu kesatuan pembangunan yang saling menunjang. Karena itu, belajar dari pengembangan kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, red). Pengembangan Pekansikawan harus lebih baik dan tertata," ujar Wako.
 
Perencanaan tersebut disambut baik Anggota DPRD Riau H Mansyur HS yang menyebutkan, gagasan Pekansikawan patut disambut baik. karena sejauh ini dari serangkaian forum resmi dan tidak resmi yang telah diadakan mendapat respon yang positif. Dalam hal itu juga Kepala daerah, bupati dan walikota ingin tindaklanjut lebih serius.
 
"Mengenai Pekansikawan, melihat pengertian, kita semua sudah punya dudukan yang jelas ke mana arah yang diinginkan. Secara substantif Pekansikawan bukanlah gagasan baru. Telah ada upaya yang sama sebelumnya yang coba ditempuh, dengan nama berbeda, namun tak kunjung menemui sasaran," paparnya.
 
Penyatuan kawasan, katanya, dapat dipandang sebagai jalan keluar strategis, sederhana saja, setidaknya dalam tataran ekonomi misalnya, diyakini akan membawa efek baik. Kehidupan tak lagi terkonsentrasi di perkotaan.''Menimbang konsep kawasan Pekansikawan bertujuan membentuk sinergi dan saling mengandalkan antara daerah inti dengan daerah penyangga, membuat peluang pemerataan pembangunan secara proporsional ke wilayah pelosok lebih besar,'' ujarnya.
 
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Dedi Gusriadi menjelaskan, kerjasama kawasan Pekansikawan bertujuan guna meningkatkan transportasi darat dan percepatan pembangunan daerah yang tergabung di empat kabupaten kota. Kementerian Perhubungan RI sudah membantu 50 unit busway untuk menunjang pelaksanaan kerjasama ini.
 
"Sebanyak 50 unit bus akan melayani rute Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan guna menunjang kerjasama kawasan Pekansikawan," ungkapnya.
 
Sementara itu, Pengamat transportasi Universitas Islam Riau, Kudus Zaini ST MT mengatakan, konsep program Pekansikawan memang harus memprioritaskan bidang transportasi."Saya mendukung sekali konsep program Pekansikawan yang digulirkan oleh empat pemerintah daerah. Sebab, dengan konsep kawasan Pekansikawan ini akan memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di empat daerah tersebut," tutupnya. (RA-01/Advertorial)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA