Loading...

Nyindir Telkomsel, Indosat Oreedo Juga Kena Hacker, Katanya: Ngerasainkan Gimana Kena Hack?

Sindiran hacker di sub domain Indosat Ooredoo.

 

Jakarta, RIAUAIR.COM- Jumat kemarin (28/4/2017), netizen dihebohkan dengan ulah hacker yang meretas situs web Telkomsel. Kini, giliran Indosat Ooredoo yang dikerjai hacker.
 
Berbeda dengan kasus Telkomsel, hacker hanya menyerang subdomain website Arena Indosat Ooredoo dengan alamat arena.indosatooredoo.com.
Kemungkinan, hal ini terjadi karena sebelumnya Indosat Ooredoo menyindir Telkomsel lewat Twitter soal peretasan yang menyudutkan operator seluler yang identik dengan warna merah tersebut.
 
Hal ini diketahui dari si penyerang yang menuliskan kalimat 'menyentil' di subdomain website arena.indosatooredoo.com.
"Ngerasain kan gimana kena hack? Tetap ganteng aja min, gak usah saling sindir. Sesama provider saling support ae, tanpa kalian kita bisa apa?," tulis hacker.
Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (29/4/2017), hacker yang menyerang situs domain Indosat Ooredoo tersebut adalah seorang hacker bernama Cepz Decoded.
Sebelumnya, Indosat Ooredoo melalui akun Twitter @IM3OoredooJBTK menyindir Telkomsel dengan menuliskan, "Ada keramaian apa pagi ini? Bayar kuota internet mahal? IM3 Ooredoo sih ngasih banyak kuota gak pake mahal. Terbukti!"
 
Kemudian, tweet tersebut mendapatkan protes dari banyak netizen. Tweet dari Indosat Ooredoo lalu dihapus, tak lama setelahnya.
 
 
Diserang Hacker, Begini Repon Indosat
 
Indosat Ooredoo memberikan tanggapan resmi terkait ulah hacker yang menyerang subdomain website arena.indosatooredoo.com, Sabtu (29/4/2017).
 
Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo mengatakan, pihaknya menyesalkan dan prihatin terhadap terjadinya peretasan website yang marak terjadi akhir-akhir ini.
 
Tindakan ini bukan saja menyerang salah satu kompetitor Indosat Ooredoo, namun seluruh kegiatan industri dan kegiatan dunia digital Indonesia.
 
“Kami terus melakukan langkah-langkah antisipasi untuk melindungi seluruh perangkat situs kami dan anak-anak perusahaan kami serta bekerja sama dengan para partner agar situs mereka juga dalam keadaan aman,” ujar Deva, sapaan akrabnya kepada Tekno Liputan6.com melalui email.
 
“Saat ini kami tengah melakukan evaluasi terhadap prosedur dan pengaturan penggunaan situs subdomain yang menggunakan nama Indosat Ooredoo dan situs-situs microsite partner yang mengandung promosi yang lama tak aktif dan relevan,” sambungnya.
 
Untuk menyikapi kejadian ini, ia menyebut diperlukannya usaha bersama guna mendorong nilai-nilai positif dan etika.
 
“Perlu dilakukan usaha bersama untuk terus mendorong adanya nilai-nilai positif serta etika, baik dalam penggunaan data internet oleh masyarakat maupun layanan data oleh operator, agar akses dunia digital yang merata dan berkeadilan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kami percaya seluruh pihak harus bekerja sama untuk mencapai hal ini,” pungkasnya.(R-07)
 
 
Sumber Berita: Liputan 6
 
 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]