Loading...

Alokasikan Rp50 Miliar, April, Pembangunan Rumah Layak Huni 12 Kabupaten dan Kota Dimulai

Pekanbaru, RIAUAIR.COM- Pemerintah akan mulai merealisasikena pembangunan rumah layak huni (RLH) di 12 kabupaten dan kota di Riau.
 
 Kepastian ini dikatakan anggota DPRD Riau Asri Auzar setelah melakukan rapat bersama Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Riau, beberapa waktu lalu.
 
Ada Rp50 miliar anggaran yang disiapkan untuk membangun 2016 unit rumah bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. “April ini sudah dimulai,” ujar Asri.
 
Tahun 2016, unit rumah yang akan dibangun tersebut tersebar di 12 kabupaten/kota. Masing-masing kabupaten jumlahnya tidak sama nantinya. Karena jumlah masyarakat yang memerlukan juga berbeda.
 
“Kalau jumlahnya tentu tidak sama, karena yang memerlukan berbeda. Yang jelas kami anggarkan untuk tahun ini segitu,” ujarnya.
 
Anggaran sebesar Rp50 miliar itu sendiri, lanjut politisi Demokrat tersebut akan dialokasikan untuk membangun per unitnya sebesar Rp50 juta. Meski demikian kualitas bangunan, dikatakan Asri tidak kalah dengan perumahan-perumahan milik pengembang swasta.
 
“Itu sudah melalui proses kajian, anggaran segitu sudah diperhitungkan kualitas bangunannya, tidak kalah lah. Memang diawal dianggarkan 70 juta per unit, tapi setelah dihitung akhirnya dipaskan dianggarkan 50 juta,” paparnya.
 
Guna mengawasi program RLH tersebut tepat sasaran, dinas terkait juga sudah sepakat bahwa program tersebut agar diawasi oleh penegak hukum. Untuk itu,  ia meminta baik kepolisian maupun kejaksaan agar turut serta memantau jalannya program tersebut.(R-04)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]