Loading...

Panlih DPRD Lakukan Pemilihan Wakil Gubernur Riau pada 24 April 2017

Aherson

Pekanbaru, RIAUAIR.COM- Setelah diumumkan keanggotaan Panitia Pemilihan (Panlih) yang terdiri dari pimpinan DPRD Riau dan perwakilan masing-masing fraksi, Senin (6/3/2017) lalu. 
 
Panlih yang dipimpin oleh Ketua Fraksi Demokrat Aherson memulai proses pemilihan Wakil Gubernur Riau pada 24 April 2017 mendatang.
 
Ketua Panlih Aherson mengatakan, pihaknya sudah menyusun skedul dan jadwal tahapan-tahapan pemilihan. Menurutnya, banyak tugas Panlih dalam proses pemilihan Wagubri sisa jabatan 2014-2019.
 
"Untuk tahap pertama kami akan melakukan proses administrasi surat menyurat dari Pemprov juga memakan waktu karena kesibukan Gubri, jadi kalau diikat akhir Maret ini sesuai jadwal sebelumnya," kata Aherson.
 
Menurutnya, terkait surat menyurat dan proses administrasi para calon akan bisa dijadwalkan lebih cepat. "Senin pekan depan, paripurna pengumuman nama Ketua dan Wakil Ketua Panlih, setelah itu kami membuat surat kepada Pimpinan Dewan agar menyurati Gubri untuk meminta data-data administrasi dua nama calon Wagubri yang sudah diajukan," terang Aherson.
 
Tahap berikutnya, setelah data-data diterima, Panlih akan melakukan wawancara dengan calon Wagubri. Mengenai keabsahan data-data calon yang diberikan. Itu diperkirakan dilaksanakan pada 22 Maret 2017.
 
Setelah wawancara, menurutnya, tanggal 11 April 2017 akan dilaksanakan penyampaian program kerja oleh calon Wagubri kepada seluruh anggota dewan. Setelah itu baru akan dijawalkan pemilihan.
 
Menyangkut wacana pendampingan dari KPK dari pimpinan Dewan, menurut Aherson , pihaknya sependapat dengan pimpinan untuk didampingi Komisi Pemilihan Korupsi (KPK) dalam pemilihan Wagubri agar tidak ada pemikiran negatif dari pihak lain.
 
"Kami sepakat, tapi nanti kami bicarakan nanti sama pimpinan dan anggota Panlih untuk pendampingan supaya tidak ada pemikiran negatif dari pihak manapun. Kami terbuka , tidak ada arahan (pada calon tertentu," tutupnya.(R-04)
 
 
Sumber Berita: Go Riau



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]