Loading...

WASPADA...Dalam 24 Jam Kedepan, PLN Akan Buka Pintu Air PLTA Koto Panjang 40-50 Centimeter

Pekanbaru, RIAUAIR.COM- Menyikapi tingginya debit air di Sungai Kampar, PT Perusahaan Listrik Negara‎ (PLN) mengambil langkah tegas dengan membuka pintu air PLTA Koto Panjang sebesar 30 cm.
 
Disampaikan oleh GM PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau (WRKR) Dwi Suryo pada Jumat (3/3/2017) mengatakan, pihaknya sudah membuka lima pintu air di PLTA Koto Panjang sejak pukul 14.08 siang tadi.
 
"Sebanyak lima pintu sudah kita buka sejak siang tadi sekitar pukul 14.08 selebar 30 cm. Saat dibuka, elevasi air mencapai ketinggian 81,08 Mdpl," kata Dwi.
 
Dipaparkannya juga, dengan dibukanya pintu air, tekanan air di Waduk PLTA Koto Panjang dikeluarkan sebanyak 255,35 m3/s. Total keseluruhan mencapai 602,40 m3/s.
 
Dengan tekanan tersebut, berdampak positif terhadap pasokan sumber linstrik di tiga turbin berada di PLTA Koto Panjang. "Stok listrik kita saat ini 115 MW sudah terpenuhi berkat pasokan air yang dikeluarkan di lima pintu air. Sehingga, kekuatan energi yang diserap turbin terpenuhi," paparnya kepada tribun pekanbaru.
 
Sebelum dibukanya pintu air di PLTA Koto Panjang, PLN WRKR sudah terlebih dahulu mengeluarkan peringatan kepada warga-warga tersebar di bantaran sungai Kampar.
 
Peringatan tersebut sudah disebar jauh sebelum pintu air dibuka siang tadi. Peringatan tersebut, terang Dwi, berupa pemberitahuan agar masyarakat waspada dan berhati-hati.
 
Terutama, untuk tidak berdiri dekat dari bantaran sungai Kampar sementara pintu air di PLTA Koto Panjang dibuka oleh pihaknya.
 
"Kita menghimbau, agar masyarakat di bantaran Sungai Kampar tidak berada di dekat-dekat tepian. Paling tidak, menjaga jarak setidaknya 30-50 meter dari bantaran sungai," imbaunya.
 
Dengan dibukanya lima pintu air tersebut, pihaknya berharap dapat menurunkan debit air akibat curah hujan yang begitu deras menderah sejumlah wilayah di Provinsi Riau sehingga potensi banjir bisa berkurang dan debit air di sejumlah wilayah di Kampar bisa surut kembali seperti semula.
 
"Pintu air akan kita buka terus sementara waktu. Kemungkinan, lebarnya akan kita tambah hingga 40-50 cm dalam 24 jam kedepan, hingga elevasi waduk berkurang di titik aman," tandas Dwi. (R-03/i)
 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]