Loading...

INNALILLAHI... Meninggal di Usia 93 Tahun, Mbah Abubakar Tinggalkan 86 Istri & Ratusan Anak

Muhammadu Bello Masaba (independent)

Abuja, RIAUAIR.COM - Muhammadu Bello Masaba, pria Nigeria yang memiliki 86 istri, meninggal dunia pada Sabtu pekan lalu. Pria bernama lengkap Alhaji Mohammed Abubakar Bello Masaba itu wafat dalam usia 93 tahun.
 
Masaba membetot perhatian dunia pada 2008 silam. Kala itu, pengadilan agama Nigeria meminta Masaba menceraikan 82 dari 86 istrinya.
 
Tapi sebelum meninggal, sebagaimana klaim media-media setempat yang dikutip laman The Sun, Masaba setidaknya memiliki 130 pasangan dan 204 anak. Bahkan beberapa istrinya sedang hamil.
 
Otoritas Islam Nigeria menyebut Masaba dikultuskan oleh keluarga. Beberapa istrinya bahkan yakin bahwa suami mereka itu memiliki kemampuan untuk menyembuhkan.
 
Meski demikian, otoritas Islam Nigeria tetap meminta Masaba menceraikan istri-istrinya. Sebab dalam Islam, seorang lelaki maksimal hanya boleh memiliki empat istri.
 
Saat diwawancara oleh BBC pada 2008 silam, Masaba berdalih, "Saya tidak mencari mereka, mereka yang datang kepadaku."
 
Pada tahun yang sama, Masaba kembali diwawancara oleh sebuah media. Dia berkata bahwa lelaki dengan sepuluh istri bisa meninggal, tapi dia tidak, karena memiliki kekuatan dari Tuhan.
 
"Itulah mengapa saya bisa mengontrol 86 istri," kata dia.
 
Tapi, kini Masaba telah tiada. Pada pemakaman hari Minggu lalu banyak orang mengantarnya ke pemakaman, termasuk para istri yang berduka.
 
Sementara sang anak, Salahu Bello, mengatakan sang ayah meninggalkan kepercayaan, kasih sayang, dan kepercayaan kepada takdir Tuhan.
 
"Keluarganya masih utuh. Semua, 86 istrinya, menemaninya di sekeliling saat dia meninggal," tutur Salahu. 
 
Mau Tambah Lagi
Muhammad Bello Abubakar. Usianya tak muda. Bahkan sudah renta. Sudah 92 tahun. Tapi semangatnya masih menggelora. Dia menyebut dirinya masih ‘sangat hidup’.
 
Kakek asal Nigeria ini sangat terkenal. Dia disorot karena sudah menikahi lebih dari 100 istri. Kini, jumlah istrinya 97. Meski demikian, dia berencana menambah istri lagi. Abubakar menganggap apa yang dilakukannya itu adalah bagian dari ibadah.
 
Namun hobi menikah itu mengundang kecaman dari tokoh agama Islam setempat. Menurut para tokoh itu, apa yang dilakukan Abubakar adalah ajaran sesat. Terlebih lagi Abubakar kabarnya tidak punya pendapatan tetap.
 
Tapi ada kabar tak sedap di media massa. Beberapa kali Abubakar disebut telah meninggal. Namun nyatanya, setiap kali kabar itu berhembus, saat itu pula terbantahkan. Sebab nyatanya Abubakar masih sehat walafiat.
 
Kepada wartawan, Abubakar mengatakan bahwa rumor tentang kematiannya sengaja disebarkan oleh orang-orang yang iri. “ Astaga, saya masih hidup, segar bugar dan sehat walafiat.”
 
“Rumor itu tidak berdasar dan sengaja disebarkan karena mereka iri dengan apa yang Allah berikan dan yang akan Allah lakukan untuk saya,” tambah dia.
 
Nikahi 107 Perempuan, 10 Dicerai
Sebelumnya Abubakar telah menikah dengan 107 perempuan. Namun menurut perhitungan terbaru yang dilakukan koran Punch, Abubakar kini tinggal bersama 185 anak-anak dan 97 istrinya setelah dia menceraikan 10 istrinya yang lain.
 
Abubakar menjadi tenar setelah pada bulan Agustus 2008 lalu muncul dalam wawancara dan mengaku memiliki 86 istri. Saat itu, Abubakar mengatakan memiliki istri dalam jumlah tak wajar itu karena memenuhi panggilan ibadah kepada Allah.
 
"Allah telah meminta saya untuk melakukannya," katanya dalam wawancara tersebut. Meski para ulama setuju dengan apa yang dilakukan Abubakar itu, namun mereka meragukan pria tersebut bisa berlaku adil terhadap istri-istrinya.
 
Kata Abubakar, Alquran Tak Batasi Jumlah Istri
Menurut pandangan Abubakar, Alquran tidak menyebutkan batas jumlah istri yang boleh dinikahi seorang suami. Semuanya tergantung pada kemampuan dan kekuatan lahir dan batin sang suami.
 
Akibat memiliki istri dalam jumlah sangat banyak itu, Abubakar kemudian ditangkap oleh Dewan Syariah Bida yang menuduhnya 'menciptakan ketegangan' karena berbicara kepada para wartawan.
 
Namun pengadilan melepaskannya pada bulan November tahun itu juga dengan syarat dia menceraikan 82 dari 86 istrinya. Tentu saja, Abubakar tidak mau menuruti permintaan pengadilan. Dia terus menjalani kehidupan poligami bersama istri-istrinya itu.
 
Ini bukan pertama kalinya warga Nigeria itu dikabarkan telah meninggal dunia. Setelah laporan kematiannya muncul pada bulan Juni 2012, ia membuat wawancara langka yang mendalam kepada The Nation.
 
Dalam wawancara tersebut, Abubakar menyatakan ia tidak akan berhenti untuk menikah lagi.
 
"Istri saya banyak? Saya hanya punya 97 istri. Saya masih akan menikah lagi. Saya akan tetap menikah selama saya masih hidup. Saya akan menikah mungkin dengan dua istri lagi, yang saya lakukan ini adalah bentuk ibadah," katanya penuh semangat.
 
Abubakar bahkan menantang mereka yang mempermasalahkan jumlah istrinya sama saja dengan menggugat Allah, Sang Pencipta. (R-01/Dci)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]