Loading...

HARUUU... Tak Punya Ibu Lagi, Bocah Miskin Ini Tetap Sekolah Sambil Asuh Adik

Mateo Bano saat sekolah dan sambil mengasih adik kecilnya

Manila, RIAUAIR.COM - Baru-baru ini, seorang pengguna Facebook di Filipina bernama Shyla Mie Brillantes Blasico berbagi foto keseharian yang menyentuh hati. Foto itu tentang seorang anak berusia sembilan tahun.
 
Foto anak bernama Mateo Bano sekolah sambil mengasuh adiknya yang masih kecil. Fotonya pun viral dan membuat haru netizen setempat.
 
Shyla adalah seorang guru di Sekolah Dasar J Blanco. Sekolah ini terletak di Provinsi South Cotabato di Mindanao, yang merupakan salah satu dari tiga pulau utama Filipina.
 
Mateo sendiri adalah murid kelas lima di SD tempat Shyla mengajar.
 
Shyla mengenal Mateo adalah anak dari keluarga kurang mampu. Ada tiga anak dalam keluarga tersebut dan mereka semua laki-laki.
 
Ibu Meninggal Ayah Cuma Tukang Kayu
Mateo adalah anak nomor dua. Kehidupan keluarganya semakin sengsara setelah ibu mereka meninggal tahun lalu karena mengalami komplikasi kehamilan ektopik.
 
Ayah Mateo bekerja sebagai tukang kayu di Kota Surallah. Dengan demikian, tidak ada pilihan lain ayahnya selain meninggalkan anak-anak di rumah ketika dia pergi bekerja.
 
Mengasuh adik sambil sekolah
Dalam tulisan yang menyertai statusnya di Facebook, Shyla menjelaskan bahwa Mateo tidak mau bolos sekolah.
 
Tetapi, karena tidak ada yang bisa merawat adik bungsunya, Mateo membawanya ke sekolah dan ikut masuk kelas bersamanya.
 
Kadang-kadang, kakak Mateo mengambil alih tugas merawat adik mereka.
 
Sekolah telah benar-benar menjadi surga bagi Mateo dan saudara-saudaranya. Para guru mengizinkan mereka untuk membawa adik mereka ke kelas.
 
Mateo dan saudara-saudaranya juga mendapatkan makan siang di sekolah sebagai bagian dari program sosial yang disponsori oleh Departemen Pendidikan.
 
Tak Cukup Makan di Rumah
Sayangnya, ketika berada di rumah, mereka biasanya tidak mendapatkan cukup makanan. Dan hanya kakak Mateo yang bisa memasak ketika ayah mereka pergi bekerja di kota lain.
 
Sejak Shyla berbagi foto Mateo, banyak orang telah datang untuk menawarkan bantuan uang untuk anak-anak itu.
 
Meski demikian, Shyla mengatakan ia dan rekan-rekan gurunya telah memutuskan untuk tidak menerima bantuan uang, karena takut dianggap mengambil keuntungan dari Mateo dan saudara-saudaranya.
 
Karena itu, Shyla meminta orang-orang untuk menyumbangkan makanan dan perlengkapan sekolah untuk Mateo dan saudara-saudaranya. (Sumber: elitereaders.com)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]