Loading...

MASIH INGAT SI MANUSIA AKAR?... Usai Operasi, Kini Rupanya...

Abul Bajandar

Khulna, RIAUAIR.COM - Penyakit langka yang dialami manusia akar, Dede Koswara asal Bandung kembali terjadi. Kali ini menimpa Abul Bajandar yang diserang epidermodysplasia verruciformis.
 
Penyakitnya itu membuat Abul dijuluki sebagai manusia pohon karena ditumbuhi kutil di kedua buah tangannya. Bahkan kutil-kutil itu kini mengeras seperti kulit pohon yang kian membesar membentuk cabang-cabang.
 
Pria Bangladesh berusia 27 tahun ini, menjadi satu dari empat orang di dunia yang mengalami kondisi serupa. Penyakit ini sangat langka karena kutil hanya tumbuh pada tangan dan kakinya.
 
Mimpinya Memeluk Buah Hati
Sebelumnya, Abul hanya berprofesi sebagai tukang becak. Kini di tengah penyakitnya yang tak kunjung sembuh ia hanya bisa memeluk putrinya yang baru berusia tiga tahun.
 
Abul berasal dari sebuah desa miskin di distrik Khulna. Ia bertemu istrinya, sebelum penyakit tersebut menimpanya. Namun meskipun begitu, sang istri tetap setia mendampinginya melawan penyakit itu.
 
Setahun lalu, ketika ia mulai menyadari penyakit mengerikan itu, Abul langsung mendapat perawatan dari Medical Collage Hospital Dhaka. Hingga saat ini, ia telah dioperasi sebanyak 16 kali, untuk menghilangkan sekitar 5 kg kutil yang terbentuk pada tangan dan kakinya.
 
Keajaiban Terjadi
Menurut koordinator operasi plastik, Samanta Sal Len, proses penyembuhan Banjar adalah tonggak yang luar biasa dalam sejarah ilmu kedokteran Bangladesh.
 
"Kami mengoperasinya setidaknya 16 kali untuk menghilangkan kutil pada tangan dan kakinya. Sekarang dia hampir baik-baik saja," kata Samanta.
 
Samanta optimis jika Abul akan menjadi orang pertama yang sembuh dari penyakit langka itu.
 
"Sekarang saya merasa jauh lebih baik. Saya bisa menaruh anak saya di pangkuan da nbermain dengan dia. Saya tidak sabar untuk kembali ke rumah," kata Abul.
 
Menurut informasi dari rumah sakit, Abul hanya butuh beberpa operasi kecil untuk bisa benar-benar sembuh dan pulang ke rumahnya. (Sumber: elitereaders)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]