WOW...Urine Sapi Ini Mengandung Emas

Print

Ilustrasi

Ilustrasi

New Delhi, RiauAir.com - Para ilmuwan dari Junagadh Agricultural University (JAU) menemukan emas pada urine sapi jenis Gir. Kandungan emas pada urine sapi terkenal asal India itu diketahui setelah mereka melakukan penelitian selama empat tahun.
 
Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Pengujian Makanan JAU itu menguji sampel urine dari 400 sapi jenis Gir. Para peneliti menggunakan metode gas chromatography-mass spectrometry (GC-MS).
 
Hasilnya menunjukkan adanya jejak emas mulai dari 3 mg sampai 10 mg dari 1 liter urine. Namun, emas yang ditemukan dalam urine sapi Gir ini berupa ion, yang merupakan garam emas larut dalam air.
 
“Kami sudah mendengar keberadaan emas dalam urine sapi dari kitab-kitab kuno dan sifat obat,” kata Kepala Bioteknologi JAU, B A Golakia, seperti dikutip Dream dari Times of India, Rabu 29 Juni 2016.
 
“Karena tidak ada analisis ilmiah yang rinci untuk membuktikan ini, kami memutuskan untuk melakukan penelitian tentang urine sapi. Kami menganalisis 400 sampel urine sapi Gir dan menemukan jejak emas,” tambah dia.
 
Bisa Dipakai Perhiasan?
Golakia menambahkan, emas dari urine sapi bisa diekstrak dan dipadatkan dengan proses kimia. Selain sapi, para ilmuwan yang dipimpin Golakia ini juga meneliti urine unta, kerbau, kambing, dan domba. Namun tak ditemukan unsur anti-biotik.
 
Dari 5.100 senyawa yang ditemukan pada urine sapi Gir, 388 di antaranya mengandung nilai obat yang besar sekali, “yang dapat menyembuhkan penyakit,” tambah Golakia.
 
Kini, para ilmuwan ini akan meneliti urine dari 39 jenis sapi dari India untuk mengetahui apakah mengandung emas atau tidak. (R-01/drm)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA