Loading...

Air Terjun dan Batu Besar Ini Ada di Riau dan Bisa Bikin Kamu Terkagum-kagum

Air Terjun Tombulun Rusa yang indah dan mengagumkan dengan airnya yang deras. Foto: pesona keindahan alam indonesia.

 
KEMUNING (RIAUAIR.COM)- Batu Ampar merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, provinsi Riau yang berbatasan dengan Provinsi Jambi, Indonesia. 
 
Dilansir dari indragiri pos.com, sebagai salah satu daerah paling ujung Provinsi Riau, Desa Batu Ampar ternyata memiliki banyak objek wisata alam yang sangat indah, yang bisa dijadikan referensi untuk dikunjungi, berikut diantaranya;
 
 
1. Wisata Alam Bukit Bungo
 
Wisata alam Bukit Bungo sudah sangat menjadi kebanggaan masyarakat Desa Batu Ampar. Dinamakan Bukit Bungo oleh masyarakat sekitar dikarenakan memang pada zaman dahulu bukit tersebut ditumbuhi oleh tumbuhan yang jika musimnya akan berbunga yang berbau harum. 
 
Maka Bukit Bungo akan dipenuhi wewangian dari bunga tersebut, namun dikarenakan perubahan alam seperti musim kemarau sehingga banyak tumbuhan di Bukit tersebut mati dan tumbuhan yang masih hidup pun juga sudah sangat jarang berbunga.
 
Bukit tersebut juga memiliki tumbuhan khas dari alam bukit Bungo itu sendiri, yaitu Kayu Manik-manik, dan Kantong semar.
 
Bukit Bungo terletak tidak jauh dari pemukiman masyarakat (Desa Batu Ampar), diperkirakan jarak tempuh dari Desa tersebut berkisar 15 atau 20 menit dengan menggunakan sepeda motor hingga ke kaki Bukit, sementara jarak tempuh dari kaki bukit hingga sampai ke puncak bukit diperkirakan 400 meter.
 
Bukit Bungo ini juga terdapat dua gelanggang, yakni Gelanggang Mudo, dan Gelanggang Tuo, yang mana masing-gelanggang memiliki keindahan pemandangan tersendiri.
 
Gelanggang Mudo indah dengan Sunrisenya, dan Gelanggang Tuo molek dengan sunsetnya.
 
 
2. Air Terjun Tembulon Rusa
 
Desa Batu Ampar juga memiliki air terjun, yakni Air Terjun Tembulun Rusa atau yang lebih sering dikenal dengan Tembulun Nibol.
 
Dinamakan Tembulun Nibol karena air terjun Tembulun terletak di Sungai bernama Sungai Nibol.
 
Adapun keunikan dari Sungai Nibol adalah, karena Sungai tersebut memiliki tingkat kedinginan air yang sangat tinggi daripada air sungai yang lain di Batu Ampar. 
 
Selain itu keunikan lain Sungai tersebut juga memiliki bebatuan besar yang terhampar sepanjang 2000 meter.
 
 
Bebatuan besar terhampar sepanjang 2.000 meter di Sungai Nibol. Foto: indragiri pos.
 
 
Sebagai tambahan Sungai Nibol merupakan sungai terbesar nomor dua yang ada di Batu Ampar setelah Sungai Reteh.
 
 
3. Tembulun Manderas
 
Tembulun ini terletak di Hulu Sungai Bebaiyan, dimana sungai Bebaiyan ini memiliki anak sungai yang diberi nama oleh tetua terdahulu dengan nama Sungai Manderas.
 
Adapun diberi nama Sungai Manderas karena sungai tersebut hampir semua aliran sungainya dangkal atau surut, sehingga aliran airnya cukup deras.
 
Utamanya, sungai ini memiliki air terjun yang dinamakan Tembulun Maderas yang sangat luar biasa. Tembulun Manderas memiliki empat tingkatan yang total ketinggiannya kurang lebih 90 meter.
 
Selain dari tiga objek unggulan destinasi Desa Batu Ampar, masih banyak spot kunjungan wisata, antara lain Tembulun Batu Ampar, Kuburan Pendam 7 di Lubok Pedang Ilang, Pemandian Alam Batu Besar yang ada di Sungai Nibol dan sungai kebanggaan masyarakat Desa Batu Ampar, yakni Sungai Reteh yang memiliki kejernihan air di musim kemarau tiba.
 
Penasaran ? Ayo main dan berkunjung ke alam kami, Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.(R01)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]