Loading...

Gubernur Riau Syamsuar Dibikin Takjub, Ini Kali Pertama Dia Lihat Mahkona Kerajaan Siak

Gubernur Riau Syamsuar didampingi Sekda Yan Prana Jaya dan Kadis Kebudayaan Yoserizal Zein saat melihat mahkota kerajaan siak di ruang Kepala Museum Nasional .

JAKARTA (RIAUAIR.COM) - Gubernur Riau (Gubri) melihat dari dekat Mahkota Sultan Siak di Museum Nasional di Jakarta. Ditemani Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Yan Pranajaya, Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian Asrizal dan Kadis Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zen, sekitar satu jam Syamsuar menyaksikan mahkota asli di ruang Kepala Museum Nasional Siswanto.

Selama melihat dari dekat Mahkota Sultan Siak, Syamsuar tak henti-hentinya berdecak kagum karena mahkota dari emas sebesar 1,8 Kg itu ditaburi berlian dan batu permata berwarna merah itu. 

“Baru pertama kali saya melihat mahkota asli ini. Sungguh luar biasa pengorbanan Sultan. Selain menyumbang satu triliun untuk Republik Indonesia, ternyata juga diserahkan mahkotanya di museum ini. Masih ada yang lain seperti keris dan lain lain,” ucapnya sembari menyarankan agar museum untuk bersinergi dengan lembaga lainnya. 

Loading...

“Saya pernah melihat data tulisan sultan di Arsip Nasional dan Perpustakaan Nasional,” ungkap Gubernur Syamsuar di sela-sela kunjungannya di Museum Nasional, kemarin di Jakarta.

Selama kunjungan di Museum Nasional, Syamsuar yang diterima Kepala Tatausaha Museum, Nurokhim. Ia dan rombongan terlihat kagum dan terharu karena bisa melihat langsung artefak yang sangat berharga karena dibalut emas dan batu permata itu.

“Pemprov Riau ingin menjadikan kebudayaan sebagai payung negeri kepariwisataan. Potensi budaya itu banyak, termasuk mahkota sultan ini,” tambahnya. (mcr)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]