Loading...

Irup Hari Pahlawan, Wawako : Semangat Pahlawan Harus Jadi Motivasi untuk Berprestasi

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan.

PEKANBARU   (RIAUAIR.COM)- Upacara bendera peringatan Hari Pahlawan ke-74 tingkat Kota Pekanbaru  yang dipusatkan di pelataran Kantor Wali Kota  di Jalan Sudirman Pekanbaru ,Ahad  (10/11/2019) berjalan khidmat.
 
Seluruh elemen ikut terlibat, legiun veteran,  Forum Komunikasi Perangkat Daerah, jajaran OPD, Mahasiswa, Pemuda dan  pelajar ikut ambil bagian dalam upacara mengenang perjuangan para pahlawan.
 
Tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup), Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi. 
 
Dalam sambutannya, Ayat mengungkapkan peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran  untuk lebih mencintai tanah air.
 
Ayat, sedikit mengilas balik menyebutkan,  dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahakan nyawa. 
 
Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakt, dan membawa harum nama bangsa di mata internasional.
 
“Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan dengan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun ini,” ungkap Ayat Cahyadi dalam sambutannya.
 
“Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa "hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajdi bangsa yang besar," tambahnya.
 
Selepas upacara, Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi memberikan bingkisan kepada para keluarga para pahlawan dan veteran yang hadir mengikuti detik-detik peringatan hari pahlawan di Kantor Wali Kota Pekanbaru.
 
Selepas itu, dalam sesi ramah tamah, wakil wali kota juga mengungkapkan keinginannya  memberi penghargaan kepada para veteran. Satu di antaranya mengusulkan ada nama Jalan Veteran di Kota Pekanbaru.
 
Ayat menyebut hingga saat ini belum ada  Jalan Veteran di kota. Ia berencana mengusulkan jalan yang belum punya nama bakal diberi nama Jalan Veteran.
 
Politisi PKS menyebut ada dua jalan yang belum punya nama yakni Jalan 70 di Tenayan Raya dan Jalan 45 di Teluk Lembu Ujung.
 
"Jalan ini kan masih berupa kilometernya. Bisa saja nanti kita jadikan Jalan Veteran," jelasnya dalam ramah tamah.
 
Ayat dalam kesempatan itu menyebut bahwa dirinya nengaku butuh saran dan masukan dari para veteran. Apalagi para veteran adalah orang tua yang sudah berjuang demi Kota Pekanbaru.
 
"Kami juga mohon maaf bila perhatian terhadap veteran belum optimal," paparnya.
 
Sejumlah veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indoenesia (LVRI) di Kota Pekanbaru dijamu, usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2019 . Kegiatan berlangsung di areal Kantor Wali Kota Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman.
 
Ketua LVRI Kota Pekanbaru, Samsul Ja'far mengucapkan terima kasih kepada jajaran pemerintah kota. Mereka juga mendapat kenang-kenangan dari pemerintah kota.
 
"Walau cuma sekali dalam satu tahun, kami sangat berkesan dengan kegiatan ini," terang Samsul dalam sambutannya. (R04)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]