Loading...

RSUD T Rafian Siak Taih Akreditasi Paripurna Bintang Lima

SIAK (IAUAIR.COM)- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafi'an terus berbenah dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien, dan hal ini dibuktikan dengan capaian akreditasi.

RSUD Tengku Rafi'an telah dinyatakan lulus akreditasi dengan predikat tertinggi atau predikat paripurna bintang 5 oleh lembaga independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Penghargaan ini diserahkan oleh Sekda Kab. Siak T.S. Hamzah kepada Direktur RSUD Tengku Rafi'an dr. H. Benny Chairuddin seusai Apel Senin di Halaman Kantor Bupati (1/7/2019).

"Alhamdulillah, RSUD kita telah menyandang RS bintang lima. Predikat Paripurna merupakan predikat tertinggi dari lima tingkatan. Penghargaan ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat Siak sebagai komitmen Pemkab Siak dalam pembangunan dibidang kesehatan,"ungkap Benny.

Menurut Benny, predikat paripurna ini membuktikan bahwa pelayanan kesehatan di RSUD Tengku Rafi'an telah memenuhi standar pelayanan dan manajemen yang telah ditetapkan. 

"Kami mengakui jika masih ada kekurangan dalam pelayanan. Namun kami terus berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang baik, karena hal itu yang paling utama," ujarnya


Lebih lanjut kata dia, akreditasi ini merupakan syarat mutlak bagi rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 99 Tahun 2015.

Dimana akreditasi yang dilakukan oleh  KARS melingkupi penilaian kepada pelayanan rumah sakit, alat kesehatan, hingga standar pelayanan tenaga kesehatan.

"Hal ini juga untuk memastikan masyarakat sebagai peserta JKN mendapatkan kesehatan yang bermutu dan aman di faskes tingkat pertama maupun tingkat lainnya, karena sesuai dengan kebijakan terbaru, rumah sakit yang tidak melakukan perpanjangan akreditasi akan diputus kontrak dengan BPJS Kesehatan," Kata dia.

Sekda Kabupaten Siak T.S. Hamzah mengatakan dengan diraihnya sertifikat akreditasi paripurna bintang 5 diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak kepada RSUD Tengku Rafi'an dalam rangka meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, semoga kedepan peningkatan mutu dan pelayanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien dapat lebih baik lagi," ujarnya.


Pemerintah Kabupaten Siak kembali akan menggelar Festival Gasing Internasional untuk kedua kalinya pada Tanggal 12 - 14 Juli 2019 mendatang, bertempat di Taman Tengku Syarifah Aminah Kampung Dalam, Siak Sri Indrapura.  

Sebanyak 20 tim dari dalam dan luar negeri akan memperebutkan gelar juara dalam dua kategori yang diperlombakan, diantaranya kategori perlombaan Gasing Jantung dengan berat maksimal 600 gram dan kategori Gasing Berembang dengan berat maksimal 800 gram.

Untuk mensukseskan helat pertandingan permainan tradisional khas masyarakat melayu tersebut, pada hari Senin (1/7/19) dilaksanakan rapat persiapan yang dipimpin Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Hendrisan di Ruang Rapat Sri Indrapura Kantor Bupati Komplek Perkantoran Tanjung Agung.

Turut hadir dalam rapat ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni, Ketua FORMI Kabupaten Siak Arifin, Sekjen Pegas Effendi, Kasubag Ops Polres Siak Iptu Ahmad Dhani dan pimpinan OPD terkait lainnya.

Asisten II Setda Hendrisan menyebutkan, Festival Gasing merupakan salah satu dari sejumlah iven  andalan Kabupaten Siak yang harus disukseskan penyelenggaraannya agar tujuan promosi daerah serta menarik minat kunjungan wisata tercapai.

"Kita sudah berkali-kali melaksanakan kegiatan-kegiatan besar, untuk itu Festival Gasing ini juga merupakan rangkaian kegiatan yang harus kita sukseskan penyelenggaraannya. Dengan dukungan lintas OPD dan Forkompinda serta masyarakat, InsyaAllah hajat kita berjalan lancar" sebutnya.

Untuk peningkatan mutu dan kualitas pelaksanaan, Hendrisan meminta OPD terkait melakukan evaluasi terhadap kegiatan sebelumnya, agar pelaksanaan iven semakin baik dan berjalan meriah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni memperkirakan lebih kurang 20 tim yang akan bertanding, diantaranya dari negara jiran Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Sementara dari dalam negeri kata dia, akan diikuti tim utusan dari Kabupaten Sambas, Kutai, Tanjung Balai Karimun, serta Kota Batam dan Tanjung Pinang.
 
"Tak ketinggalan juga tim dari Kabupaten dan Kota di Riau diantaranya Inhu, Inhil, Bengkalis, Pekanbaru dan Pelalawan, serta dari tuan rumah Kabupaten Siak sendiri ada tim dari Kecamatan Siak, Pusako, Koto Gasib dan Lubuk Dalam" kata Fauzi.

"Saat ini prosedur administrasi sudah kita layangkan, untuk izin pelaksanaan juga sudah dikomunikasikan dengan Polres Siak. Demikian juga terkait persiapan lapangan pertandingan sedang dipersiapkan" jelasnya.

Loading...



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]