Loading...

Jalan Rusak Karena Tonase, Warga Cenaku Kecil Blokir Aktivitas 10 Truk PT Tasma Puja

Jalan rusak akibat truk bertonase besar di Lintas Selatan Cenaku Tengah.

RENGAT (RIAUAIR)- Warga Desa Cenaku Kecil, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Inhu blokir Jalan Provinsi Lintas Selatan, Cenaku Kecil, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Inhu.

Massa yang berjumlah puluhan orang menghentikan sebanyak 10 truk milik PT Tasmapuja yang melintas disebabkan  kerusakan jalan yang semakin parah dari hari ke hari.

Kesal, karena mobil dengan tonase besar sering kali menggunakan jalan umum yang juga biasa dilintasi warga, dan menyebabkan kerusakan.

Loading...

''Sepertinya tak ada itikad untuk memperbaiki. Inilah alasan kuat mengapa warga Desa Cenaku Kecil, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Inhu blokir jalan itu,'' ungkap salah seorang warga.

Sedikitnya ada 10 unit mobil angkutan Crude Palm Oil (CPO) milik PT. Tasma Puja juga ikut diblokir warga  Cenaku, Ahad, 31 Maret 2019.

"Hingga saat ini bahu jalan provinsi lintas selatan itu rusak berat karena terus dilalui truk angkutan CPO perusahaan," ujar H. Subir Salam, dilokasi aksi, Ahad.

Diungkapkannya, selama ini sebagian jalan rusak dikarenakan angkutan CPO PT. Tasma Puja selalu melintas. "Mirisnya meski jalan ini sudah rusak bahkan hingga saat ini belum ada itikad baik perusahaan untuk melakukan perbaikan maupun perawatan jalan ini," lanjutnya.

Bahkan menurutnya, setiap truk CPO perusahaan yang melewati bahu jalan rusak parah, dan harus dikawal alat berat perusahaan. "Jaga-jaga untuk menarik bila terperosok dalam lobang yang memenuhi jalanan tersebut," ungkapnya.

Kerusakan jalan yang ada sekarang menyulitkan masyarakat dalam beraktivitas, seperti antar jemput anak sekolah dan melansir hasil pertanian warga.

"Memang dulu pihak perusahaan masih ada membantu memperbaiki jalan yang rusak itu, tapi sekarang nampaknya sudah tidak ada," katanya.

Sementara itu saat dikonfirmasi salah seorang pihak menejemen PT. Tasma Puja yang tidak ingin disebutkan namanya melalui pesan singkat, mengatakan bahwa selama ini pihak dari PT Tasma Puja sudah melakukan perbaikan jalan dilokasi aksi tersebut.

"Kita juga sering melakukan perbaikan jalan hanya saja saat ini kondisi di lapangan selalu hujan, jika saja kita lakukan perbaikan jalan saat ini nantinya akan memperparah kondisi dikarenakan kondisi jalan yang merembes, nanti malah tambah hancur, apalagi angkut material batu juga susah, tapi sudah saat ini kondisi dilapangan sudah mulai diatasi," ungkapnya

Bahkan menurutnya upaya perbaikan jalan yang dilakukan PT. Tasma Puja rutin dilakukan. "Setiap ada kerusakan kami selalu perbaiki dengan alat berat maupun menimbun pakai batu atau krokos," tutupnya.(R13)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]