Loading...

Bupati Tegaskan Seluruh Instansi Wajib Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

 
BAGANSIAPIAPI (RIAUAIR)- Imbauan Bupati  Rokan Hilir H Suyatno kepada jajarannya agar melakukan kegiatan gotong royong (goro) mendapat perhatian serius oleh para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Kabupaten Rokan Hilir.
 
Gotong royong  yang dimaksud Bupati Rohil tersebut merupakan tindaklanjut Surat Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, dengan Nomor:666/PIPLD/1042 Tanggal 8 Maret 2019, sekaligus dalam rangka untuk meraih peringkat terbaik pada lomba kebersihan kabupaten/kota se provinsi riau tahun 2019. 
 
"Tadi saya sudah melakukan rapat dengan instansi terkait, semua sudah kita arahkan, dan sudah diberikan petunjuk dan lain sebagainya. Kebersihan lingkungan hidup sangat diharapkan oleh pemerintah daerah," kata Suyatno.
 
Lebih lanjut, Suyatno menyelaskan, menjaga kebersihan lingkungan itu tidak hanya Pemerintah Daerah yang menanganinya, peran masyarakat yang ada dilingkungan itu juga harus ikut berpartisipasi.
 
"Lomba kebersihan kabupaten/kota se provinsi riau 2019 ini kita sudah lakukan berbagai persiapkan. Melihat kondisi real, kota Bagansiapiapi yang sudah berbenah diri dari awal maka kita berkeyakinan bisa meraih nilai yang baik, " ungkapnya optimis.
 
Sementara itu, Kadis DLH, Suwandi,S.Sos menyampaikan, dalam hal kebersihan di ibu kota nantinya pengelolaan sampah harus lebih baik dan maksimal
 
"Sesuai hasil rapat yang dipimpin langsung oleh bapak Bupati Suyatno, seluruh OPD dilibatkan untuk melakukan gotong royong  dalam rangka persiapan lomba kebersihan Kabupaten/Kota Se Provinsi Riau 2019.
 
Selain OPD, kata Suwandi, Camat Bangko, Lurah/Penghulu, dan RT/RW juga di libat agar melakukan gotong royong di masing-masing wilayahnya.
 
"Besok pagi, Kamis (21/3) di mulai dari jam 8.00 pagi, akan dilaksanakan gotong Royong massal untuk titik pantau nantinya yang akan dinilai oleh Tim, yaitu benar-benar harus bersih dari sampah," kata Wandi.
 
Pembenahan yang harus dilakukan yaitu menjaga kebersihan Toilet (WC), kebersihan lingkungan sekitar kantor, termasuk penanaman pohon pelindung dan peneduh serta menyiapkan sarana tong sampah terpilah," jelas kadis DLH Rohil.
 
Lanjut mantan Kadis CKTR ini, Sesuai dengan peraturan Presiden No. 97 tahun 2017 tentang kebijakan dan Strategi Nasional (Jastranas) pengelolaan sampah dan Jastrada kabupaten tentang pegelolaan sampah, maka arah kebijkan pemda dalam pengelolaan sampah dititik beratkan pada pengurangan sampah sampai 2025 sebanyak 30 persen.Oleh sebab itu Bupati Rohil menginstuksikan kepada OPD terkait agar mendukung kegiatan ini.
 
"Tim penilai kebersihan se Provinsi Riau akan turun ke Bagansiapiapi pada tanggal 25 s/d 27 maret 2019 mendatang.Tiitik pantau yang akan di nilai antara lain Pasar, Taman Kota, Taman Pinggir Sungai Rokan, Taman Budaya, Hutan Kota, Pemukiman,Perkantoran,Terminal, Rumah Sakit,Puskesmas Bagan Siapiapi dan Puskesmas Bagan punak, Sekolah,Salter dan Drainase," pungkasnya.(CR5)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]