Loading...

Sosialisasi Awal Perekaman E- KTP, Disdukcapil Datangi Rutan Bagansiapiapi

BAGANSIAPIAPI (RIAUAIR.COM)-Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), mendatangi Rutan Bagansiapiapi di Jalan Pratomo, Sabtu (19/1/2019).
 
Kehadiran Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Surya Arfan dan Kepala Disdukcapil Kabupaten Rohil, Basaruddin, didampingi Drs Afrizal Kabid pelayanan pendaftaran penduduk Dinas Admistrasi Kependudukan dan Pencatatan  Sipil, Ketua Bawaslu Rohil, Syahyuri, Ketua KPU Rohil Kasmir Dahlan di wakili Anggota Komisioner KPU, Hasan Basri di Rutan Bagansiapiapi tersebut, untuk melaksanakan sosialisasi dan pendataan awal warga binaan guna perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e–KTP).
 
Kepala Disdukcapil Rohil, Basaruddin menyebutkan, kunjungan ke Rutan merupakan gerakan nasional untuk mengakomodir warga binaan sesuai edaran Menteri Dalam Negeri yang menyatakan perekaman e-KTP untuk warga binaan dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada 17-19 Januari 2019.
 
“Kegiatan ini merupakan gerakan nasional, upaya jemput bola di Lapas dan di Rutan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, dan untuk melakukan perekaman e-KTP bagi warga binaan yang ada di Lapas dan di Rutan dalam rangka menyambut pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang,” terang Basaruddin.
 
Lanjut Kadisdukcapil Rohil, kegiatan tersebut juga dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Khususnya untuk pemenuhan kepemilikan KTP- Elektronik bagi warga binaan di Lapas maupun di Rutan," pungkasnya.Perekaman KTP-Elektronik tersebut difasilitasi kepala Rutan Bagansiapiapi,Jufri,SH.
 
Kepala Rutan Bagansiapiapi memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan yang dilaksanakan Disdukcapil.
 
Menurut dia, dari 769 warga binaan di Rutan hanya ada 18 orang yang belum memiliki KTP-el.
 
Sementara itu, Sekda Rohil Surya Arfan menyatakan, pelaksanaan perekaman KTP-el menindaklanjuti surat edaran Kemendagri, dalam memenuhi hak warga negara yang telah memenuhi syarat. Termasuk para warga binaan dalam menghadapi Pilpres maupun Pileg 2019.(CR5)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]