Loading...

KADISKES: Sebanyak 23 Puskesmas di Inhil Sudah Terakreditasi

TEMBILAHAN (RIAUAIR.COM)- Tujuan dari akreditasi puskesmas adalah untuk, meningkatkan mutu dan pelayanan pasien, meningkatkan perlindungan bagi SDM kesehatan masyarakat dan lingkungannya serta puskesmas, meningkatkan kinerja puskesmas dalam pelayanan kesehatan perseorangan dan atau kesehatan masyarakat.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Akreditasi Puskesmas adalah proses perbaikan mutu dan kinerja puskesmas secara berkesinambungan yang terstandar dan terukur (Permenkes Nomor 46 Tahun 2015).

Merujuk pada Pasal 1 ayat 1, Definisi Akreditasi adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memenuhi standar Akreditasi.

Loading...

Sedangkan Tujuan Akreditasi yang tertuang di Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 adalah :

Mutu Pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Pasien
Perlindungan Tenaga, Masyarakat, Lingkungan dan puskesmas
Kinerja Pelayanan Kesehatan
Melalui Peningkatan dan Pembinaan

Administrasi dan Manajemen (ADMEN)
Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)
Upaya Kesehatan Perorangan (UKP)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin saat dikonfirmasi oleh Media Center Tim (MCT) mengungkapkan saat dari tahun 2016 sampai 2018 ini sudah 23 puskesmas yang sudah disurvei dan hasilnya cukup bagus.

“Ditahun 2016 Upt. Puskesmas Tembilahan Hulu, Tembilahan Kota, Upt. Puskesmas Gajahmada memperoleh status Madya, sedangkan Upt. Puskesmas Kuala Enok mendapatkan status Dasar”, ungkap Zainal Arifin

“Sedangkan tahun 2017 Upt. Puskesmas Sungai Salak, Upt. Puskesmas Kempas Jaya, Upt. Puskesmas Sungai Piring, Upt. Puskesmas Pengalihan Enok, Upt. Puskesmas Kuala Lahang mendapatkan status Madya, sedangkan untuk  Upt. Puskesmas Teluk Pinang memperoleh Dasar”, tambahnya

Lebih lanjut beliau menjelaskan untuk tahun 2018 sudah 3 puskesmas yang memperoleh status Madya dan 7 puskesmas lagi segera mendapatkan hasilnya.

“Upt. Puskesmas Tanah Merah, Upt. Puskesmas Selensen dan Upt. Puskesmas Benteng mendapatkan status Madya”, tambahnya

“Sementara itu ada 10 puskesmas yang sudah disurvei, hasilnya akan segera keluar”, tutupnya. (Promkes-Diskes Indragiri Hilir)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]