Loading...

Lagi, Bawang Ilegal Diamankan di Pelalawan dan Bengkalis

Pangkalan Kerinci, RiauAir.com - Jajaran Polres Pelalawan kembali berhasil manggagalkan dua mobil pengangkut 130 karung bawang seludupan. Peristiwa penggagalan ini, dilakukan oleh anggota Polisi Sektor (Polsek) kecamatan Bunut, Senin malam (20/6/16).
 
Bawang yang diamankan sebanyak 130 karung yang dibawa menggunakan dua kendaraan. Mobil jenis colt diesel dan Pick L300 itu ditangkap di tempat yang berbeda dalam satu malam oleh anggota Reskrim Polres Pelalawan bersama Reskrim Polsek Bunut. Seluruh barang bukti dan kedua tersangka digiring ke Mapolsek Bunut.
 
Kapolres Pelalawan, AKBP Ari Wibowo, melalui Kasat Reskrim AKP Herman Pelani, saat dkonfirmasi Selasa (21/6/16) membenarkan tangkapan bawang merah ilegal itu.
 
Satu mobil jenis cold diesel dengan nomor polisi BA 8205 AM bermuatan bawang merah tanpa dokumen sebanyak 92 karung. Kemudian satu mobil L 300 nopol BM 8337 FB bermuatan bawang merah 39 karung.
 
"Untuk mobil coltdiesel dikemudikan oleh pelaku MD dan L300 dibawa oleh tersangka SM. Keduanya ditangkan di Jalan Lintas Bono, tadi di desa yang berbeda," ungkap Kasat.
 
Menurutnya, coltdiesel yang dibawa MD diamankan di Desa Merbau Kecamatan Bunut. Sedangkan kendaran L300 dikendaraan SM ditangkap di Desa Petani, Bunut. Kedua sopir tidak dapat menunjukan kelengkapan dokumennya dalam mengangkut bawang tersebut.
 
Bea Cukai Dumai Gagalkan Penyelundupan Bawang Merah
Sementara itu Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Kota Dumai, Riau, Senin malam (20/6/2016) sekitar pukul 20.30 WIB, kembali mengagalkan penyelundupan bawang merah ilegal asal Malaysia, di Perairan Ralaigh di atas Tanjung Medang, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.
 
Demikian itu disampaikan Wakil Komandan Patroli (Wakopat) BC 20004, Eko Wigianto, Selasa siang (21/6/2016) di Dermaga A PT Pelindo 1. Dikatakannya, menurut pengakuan tekong (nahkoda) berinisial MS, ada 1.200 karung atau sekitar 12 ton bawang merah yang dibawa menggunakan Kapal Motor Al Fatiha GT 6.
 
"Kapal ini membawa bawang merah ilegal dari Linggi (Malaysia, red), dengan tujuan Desa Tanjung Leban (Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, red). Saat ini nahkoda kapal dan Az (anak buah kapal, red) sudah diamankan di kantor bea cukai," terangnya. (R-01/Rtc/Grc)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]