Pembangunan Mapolda Riau yang Baru Bakal Habiskan Rp172 Milliar Anggaran

Bangunan Map;olda Riau saat ini berada di jalan Sudirman Pekanbaru sudah sangat sempit dan tidak layak.

Bangunan Map;olda Riau saat ini berada di jalan Sudirman Pekanbaru sudah sangat sempit dan tidak layak.

PEKANBARU (RIAUAIR.COM)— Pembangunan  Mapolda Riau yang baru diperkirakan akan menghabiskan tak kurang dari Rp172 miliar anggaran. 

Dana pembangunan tersebut akan dialokasikan melalui APBD Riau  dan diperuntukkan bukan saja untuk fisik, namun juga sarana pendukung lainnya. 

‘’Angka Rp172 milliar itu, setelah adanya kepastian dari Pemprov dan DPRD Riau,’’ ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Jumat (12/1/2018) lalu.

Mantan Kapolres Pelalawan itu mengatakan, seluruh dana tersebut nantinya akan diperuntukkan. Untuk membangun fisik dan segala keperluan alat-alat kantor serta keperluan lainnya.

Pembangunan gedung Mapolda Riau ini dilakukan, setelah ditetapkannya status Polda Riau dari tipe B ke tipe A. ‘’Pengadaan gedung Mapolda Riau yang baru ini, untuk lebih mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat,’’ ujar Guntur.

Menurutnya, saat ini kondisi Mapolda sudah tidak memadai. Dikarenakan adanya keterbatasan seperti tempat parkir dan beberapa kantor jajaran Polda yang lokasinya berbeda-beda.

Dalam perencanaan, nantinya gedung Mapolda Riau akan dibangun di tempat Sekolah Polisi Negara (SPN) sekarang. Sementara itu, untuk SPN akan diposisikan di wilayah Kampar.

‘’Jadi jika gedung Polda lima tingkat sudah jadi, seluruh bidang di Polda Riau akan dipusatkan disana. Dimana disana akan ada fasilitas seperti parkiran Basement, taman, penjagaan dan fasilitas pendukung lainnya,’’ ungkapnya.

Sementara itu, untuk kantor Polda Riau yang sekarang akan dihibahkan ke Polresta Pekanbaru. Dengan tujuan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat.

Untuk pembangunan gedung Mapolda Riau yang baru, lanjut Guntur, saat ini mulai memasuki tahap persiapan. Diharapkan proses pembangunan, sudah dapat dirampungkan tahun 2018 ini. ***